Foto Profil Facebook Mendadak Hilang, Benarkah Karena Isu Penutupan Facebook ? Atau Terkena Hack?

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Melalui Whatsapp
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Melalui Whatsapp
Beberapa hari belakangan ini banyak pengguna facebook yang mengaku foto profil akun facebooknya menghilang secara tiba tiba, banyak diantara mereka yang mengkaitkan hilangnya foto profil mereka lantaran karena adanya isu penutupan facebook di Indonensia atau kasus bocornya data pengguna facebook yang akhir akhir ini marak di internet. Dilansir dari CNN data pengguna facebook Indonesia yang bocor dan disalahgunakan itu mencapai angka 1.095.918 atau sekitar 1,26 persen dari total jumlah orang yang terkena dampak secara global. memang kasus ini tidak hanya terjadi di Indonesia tapi terjadi di berbagai negara.




Lalu benarkah facebook dengan sengaja membocorkan data penggunanya ? menurut saya tidak mungkin ! mengapa? karena itu sangat merugikan facebook. Pengguna secara pelan pelan akan meninggalkan facebook, dan itu hal yang sangat tidak diinginkan setiap pengembang. Lalu apa yang menjadi penyebab bocornya data facebook ?

Menurut analisa saya penyebabnya adalah penggunaan aplikasi pihak ketiga yang langsung login otomatis terhadap akun facebook sehingga aplikasi itu akan merekam akun anda secara otomatis. Biasanya aplikasi ini dibuat semenarik mungkin agar mereka mau memainkan, seperti kuis test kpribadian,  permainan wajah dan sebagainya.



Lalu apa keterkaitan dengan hilangnya Foto Profil Facebook yang mendadak hilang?

Pertama, 

Pertanyaan saya kepada yang hilang foto profilnya pernahkah anda bermainan aplikasi yang sejenisnya difacebook anda dan login otomatis ke akun facebook anda? Jika ya, bisa jadi akun akun dalam kendali orang lain alias terkena hack lewat aplikasi yang anda mainkan.

Kedua, 

Bisa jadi karena saat ini tengah memperbaiki system akibat banyaknya kebocoran data penggunanya, pihak Facebook akan semakin memperketat pengembang aplikasi aplikasi pihak ketiga yang ada difacebook, pembenahan system ini bisa berdampak ketidak stabilan Facebook dan hal ini akan kembali setelah pembenahan itu selesai.

Saran saya :

Oleh karena bagi anda yang belum pernah bermain kuis semacam itu sebaiknya tidak ikut ikutan memainkannya, karena sudah jelas ada modus dibaliknya yaitu akan mengambil data facebook anda. Pakar keamanan Brian Krebs memperingatkan perminan kuis di laman Facebook bisa menjadi alat bagi para pelaku kejahatan siber untuk membajak akun kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *