Cara Screenshot Di Windows 11 Tanpa Aplikasi Dan Menggunakan Aplikasi

cara

Pada sistem operasi Windows, terdapat banyak cara untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar. Anda dapat melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali, atau menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di pasaran. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara screenshot di Windows 11 baik menggunakan fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Windows 11 Terbaru

Cara Screenshot Di Windows 11 Tanpa Aplikasi Dan Menggunakan Aplikasi

Berikut ini langkah langkah bagaimana cara screenshot diwindows 11 tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi:

Tanpa aplikasi

  • Pertama, Anda siapkan terlebih dahulu bagian mana yang Anda screenshoot
  • Kemudian, Anda bisa menggunakan tombol ” fn + prtsc ” di keyboard laptop ataupun komputer Anda
  • Lalu, untuk melihat hasilnya Anda bisa membuka ” microsoft paint ” dan teken tombol ” ctrl + v ” maka secara otomatis hasil screenshoot Anda akan ditampilkan, selanjutnya Anda bisa untuk melakukan pengeditan

Menggunakan aplikasi ( Sinipping Tool )

  • Siapkan dokumen atau file yang ingin Anda screenshoot
  • Kemudian, klik dan buka aplikasi snipping tool Anda
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan schreenshoot dengan cara klik ” new ” dan Anda bisa melakukan screenshoot sesuai dengan yang Anda inginkan
  • Selanjutnya, Anda bisa menyimpan hasil tangkapan dengan klik ” file ” dan save as maka Anda akan ditujukan ke tempat penyimpanan file
  • Terakhir, Anda bisa memilih tempat untuk menyimpan hasil tangkapannya dan klik ” save

Hasil Screenshot Laptop Ada Dimana

Pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, hasil screenshot akan disimpan di folder “Screenshots” yang terdapat di dalam folder “Pictures” di dalam folder “This PC” atau “My Computer”. Anda juga dapat menemukan hasil screenshot dengan menggunakan fitur pencarian pada Windows dengan mencari file dengan ekstensi “png” atau “jpg”.

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi macOS, hasil screenshot akan disimpan di folder “Desktop”. Anda juga dapat mengubah lokasi penyimpanan hasil screenshot dengan mengubah pengaturan di bagian “Screenshot” di dalam “System Preferences”.

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot, hasil screenshot mungkin akan disimpan di lokasi yang telah ditentukan oleh aplikasi tersebut. Anda dapat memeriksa dokumentasi atau bantuan aplikasi tersebut untuk mengetahui lokasi penyimpanan hasil screenshot.

Baca Juga: Cara Mematikan Update Windows 10

Kesimpulan

Dengan demikian, kami telah menjelaskan beberapa cara mengambil screenshot di Windows 11, baik menggunakan fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan Anda, dan jangan lupa untuk selalu menyimpan hasil screenshot dengan benar agar tidak hilang.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengikuti peraturan yang berlaku dan tidak menyalahgunakan fitur screenshot dengan mengambil gambar tanpa izin dari pemilik asli. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan fitur screenshot dengan bijak dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *