ABD GAFUR Senang menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan. Bagi saya blogging is awakening knowledge

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk Secara Permanen

2 min read

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk

Cara menghilangkan virus shortcut di komputer dan di flashdisk secara permanen banyak yang bisa sangat sulit dilakukan, bahkan banyak yang memilih melakukan instal ulang untuk menghapusnya secara permanen. Memang virus ini terkenal bandel dan sulit dihilangkan apalagi jika sudah menginveksi system. Walaupun sudah di scaning berkali kali dengan berbagai jenis antivirus virus ini akan keluar lagi.

Virus Shortcut sebenarnya tidak masuk dalam kategori virus komputer yang berbahaya yang sampai menghilangkan data laptop atau komputer. tapi virus ini hanya menyembunyikan super hiden saja. Tapi dengan bantuan command prompt (CMD) data yang disembunyikan sudah bisa muncul kembali.

Perpindahan virus ini juga terbilang cepat antara komputer yang satu dengan yang lainnya hanya dengan perantara flashdisk yang terinveksi maka ketika ditancapkan dan mengklik file di dalamnya maka komputer itu langsung terinveksi. Karena file didalamnya itu bukanlah asli namun hasil duplikasi virus tersebut.

Apa Itu Virus Shortcut ?

Sebagian anda mungkin bertanya apa sih virus shortcut itu?, virus shortcut adalah salah satu program komputer yang bisa menggandakan dan menyalin dirinya sendiri dengan menyisipkan diri dalam program lain. Virus ini menyembunyikan file aslinya lalu menduplikasinya persis sama dengan file aslinya. Dari segi ciri cirinya virus merupakan penggabungan dari virus trojan dan worm sehingga sangat sulit dihilangkan hanya dengan scaning saja.

Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer dan Flashdisk Secara Permanen

Cara penanganan ini sudah kami praktekkan pada komputer kami yang terkena virus shortcut dan hasilnya berhasil 100 %. Caranya simpel dengan cara scaning saja mengguakan antivirus namun caranya sedikit berbeda. Antivirus yang kami gunakan juga sangat familiar sekali di telinga pengguna bahkan sudah banyak terinstal di komputer yaitu Eset Nod 32 dan Smadav. Perpaduan antivirus internasional dan lokal ini terbukti ampuh membendung serangan virus di komputer

Langkah Langkah

Berikut ini adalah cara menghapus virus chortcut pada komputer maupun di flashdik

  • Silahkan anda pasang terlebih dahulu kedua antivirus tersebut, untuk Smadav bisa anda downloa disini sedangkan untuk Eset silahkan anda download di sini. Kedua antivirus ini gratis dan juga tersedia versi berbayar jika anda punya dana silahkan gunakan yang berbayar
  • Kemudian silahkan masuk ke Safe Mode. Untuk masuk ke Safe Mode kalau anda menggunakan komputer silahakan anda tekan F8 sedangkan untuk laptop silahkan anda browsing karena masing masing brand berbeda beda.
Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk
  • Jika sudah masuk di Safe Mode silahkan anda scaning laptop anda hingga bersih. Kalau komputer anda terkena virus shortcut maka pasti akan terdeteksi oleh Smadav dan silahkan scaning sampai tuntas.
  • Setelah selesai scaning dan virusnya sudah terhapus semuanya silahkan anda kembali ke windows dengan tampilan normal. Nah disinilah peran dari Eset Nod 32, ketika flashdisknya masih ada virusnya kalau anda membukanya pasti antivirus ini akan langsug menghapusnya.

Cara Mengembalikan File Yang Terkena Virus Shortcut

Tahap selanjutnya adalah mengembalikan file yang ada di flashdisk yang disembunyikan oleh virus ini. Tapi penyembunyian file hanya terjadi pada perangkat eksternal saja. Sedangkan file di dalam komputer tidak. Nah untuk mengembalikan file yang di sembunyikan virus ini adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan buka Command Prompt (CMD)
  2. Pilih Drive dari perangkat eksternal anda, Misal F, maka ketik F:
  3. Ketik : attrib -r -s -h *.* /s /d
  4. Tunggu sebentar, maka file anda akan muncul kembali dalam bentuk satu folder.
Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan, instal ulang merupakan langkah terahir jika benar anda tidak mengatasinya. Karena jika melakukan instal ulang anda akan melakukan banyak hal, padahal untuk menghilangkan virus shortcut sangat mudah sekali dengan bantuan 2 antivirus ini. Semoga panduan ini tentang cara menghilangkan virus shortcut di komputer dan di bisa membantu anda yang saat ini anda sedang direpotkan dengan antivirus ini.

ABD GAFUR Senang menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan. Bagi saya blogging is awakening knowledge

Amankah Jika Laptop Di Charge Terus Menerus Walaupun Sudah…

Banyak yang bertanya kepada kendedes komputer tentang amankah jika laptop di charge terus menerus walupun baterai sudah full ?. Memang jika anda tidak tau...
ABD GAFUR
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *