ABD GAFUR Senang menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan. Bagi saya blogging is awakening knowledge

3 Cara Mematikan Windows Defender

2 min read

Cara Mematikan Windows Defender

Cara mematikan windows defender windows 10 sementara dan permanen – Kita tahu windows 10 memiliki antivirus dan gratis yang lumayan tangguh yaitu Windows Defender, antivirus ini tidak kalah dengan antivirus lainnya. Bahkan beberapa orang hanya mengandalkan antivirus ini saja.

Sebagaimana dengan antivirus lainnya,windows defender berfungsi melindungi perangkat anda dari berbagai serangan virus, spyware atau malware yang berbahaya lainnya. Tentunya dengan ketangguhan yang dimilikinya anda sudah tidak perlu lagi untuk menginstal antivirus lainnya.

Antivirus ini sangat sensitive sekali dengan aplikasi yang tidak dikenal oleh system operasi. Tentunya hal ini ada sebagian pengguna yang ingin menonaktifkan antivirus ini secara sementara dan permanen. Jika anda hanya ingin melakukan sesuatu, misal menginstal aplikasi yang terdeteksi virus oleh windows defender anda cukup mematikannya sementara saja. Tapi jika anda benar benar tidak menyukainya maka tinggal anda matikan secara permanen.

Nah pada pembahasan ini kami ingin menjelaskan kepada bagaimana melakukan keduanya dengan menggunakan Group Policy, Registry, atau aplikasi Windows Security.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara Dengan Windows Security

Untuk mematikan windows defender secara sementara silahkan ikuti langkah langkah ini :

  • Klik Menu Start
  • Kemudian cari Windows Security jika muncul silahkan klik
  • Selanjutnya klik Virus & Threat Protection
  • Pada menu Virus & Threat Protection silahkan klik menu Manage Setting
Cara Mematikan Windows Defender Sementara
  • Kemudian matikan Disable Real-time Protection-nya
Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Setelah anda mengikuti langkah langkah berikut, maka real time protection windows defender akan dinonaktifkan, dan sekarang anda sudah bisa menginstal aplikasi atau melakukan perubahan pada system yang anda inginkan tanpa anda pemblokiran tindakan.

Jika anda ingin menghidupkan kembali perlindungan real time-nya tinggal anda ikuti langkah langkah diatas dan pada langkah yang terahir tinggal anda mengaktifkan kembali tombolnya. Ini meruapakan langkah sementara, ini pilihan terbaik karena jika anda memerlukannya suatu saat bisa mengaktfikan kembali.

Mematikan Windows Defender Permanen Dengan Group Policy

Untuk menonaktifkan windows secara permanen bisa anda ikuti langkah langkah berikut :

  • Aktfikan windows RUN dengan Klik Windows + R
  • Kemudian ketikkan gpedit.msc kemudian enter
Cara Mematikan Windows Defender Permanen
  • Kemudian ikuti langkah langkah berikut :

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus

  • Klik dua kali Turn off Windows Defender Antivirus
Cara Mematikan Windows Defender Permanen
  • kemudian Pada bagian pilih Disable, kemudian klik Apply dan klik OK, setelah itu tinggal anda restart komputernya.
Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Setelah anda melakukan langkah langkah diatas maka windows defender di komputer atau di laptop akan dimatikan secara permanen, namun icon dari antivirus ini masih ada di taskbar tapi sudah tidak bekerja untuk melakukan perlindungan terhadap device anda.

Jika anda menginginkan windows defender kembali aktif anda bisa mengikuti langkah langkah yang sama dengan diatas dan pada langkah terahir tinggal anda pilih menu Not Configured. Selanjutnya tinggal restart devicenya.

Menonaktfikan Windows Defender Permanen Dengan Menggunakan Registry

Langkah selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk mematikan windows defender adalah dengan menggunakan registry. Apa itu registry ? Registry adalah sebuah basis data inti yang dalamnya menyimpan berbagai pengaturan yang ada di dalam windows. Caranya silahkan ikuti langkah berikut :

  • Aktfikan RUN dengan menekan perpaduan tombol Windows + R
  • Kemudian ketik regedit untuk membuka Registry Editor, kemudian ikuti cara berikut ini :
  • Ikuti langkah langkah path berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender. Untuk mempermudah tinggal anda pastekan path diatas ke Registry addren yang ada di bagian atas.

  • Jika sudah sampai ke pada path windows defender klik kanan pada windows defender kemudian pilih New dan klik DWORD (32-bit) Value. Kemudian ketika nama DisableAntiSpyware Klik dua kali DWORD yang barusan kita buat lalu ganti dari 0 ke 1 kemudian klik OK Button
  • Terahir, Restart Laptop

Demikianlah cara mematikan windows defender sementara maupun permanen. Tapi kami tidak menyarankan menggunakan perangkat entah itu laptop atau komputer tanpa adanya antivirus karena itu sangat berbahaya sekali. Jika anda tidak senang dengan windows defender bisa menggantinya dengan antivirus lain.

Salah satu antivirus yang bagus menurut saya adalah eset Nod 32. Antivirus ini sangat ampuh untuk menjaga komputer anda, bahkan kami sering menghilangkan virus shortcut, trojan atau virus bandel lainnya hanya dengan antivirus ini.

ABD GAFUR Senang menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan. Bagi saya blogging is awakening knowledge

Membandingkan Google Crome Dengan Firefox Quantum, Mana Yang Terbaik…

Google Crome VS Firefox Quatum – Saat ada persaingan software di internet, pasti banyak yang melontarkan pertanyaan mana yang terbaik ? Seperti perbandingan terhadap...
ABD GAFUR
3 min read

Cara Meningkatkan Daya Tahan Batery Laptop Agar Awet Dan…

Cara Meningkatkan Daya Tahan Batery Laptop – Batery laptop yang awet dan tahan lama merupakan sebuah keharusan bagi laptop, karena laptop didesain agar biasa...
ABD GAFUR
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *