Skip to main content

Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Office Word Dengan Kertas F4/Folio Dan Tidak Terpotong

Jika anda berdomisili di Indonesia hanya ada dua ukuran kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak dokumen dari microsoft word yaitu A4 dan F4/Folio. Namun sayangnya ukuran kertas F4/Folio masih belum tersedia otomatis di microsoft Word maupun di printer. Agar bisa mencetaknya dalam ukuran ini anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Caranyaanda bisa membaca postingan saya bagaimana cara menambah Ukuran kertas F4/Folio .

Langkah Langkah Mencetak Dokumen Di Microsoft Office Word Dengan F4/Folio


Jika anda tidak melakukan setting untuk menambahi ukuran ini, maka hanya akan ada ukuran Letter Dan Legal, tapi ukuran ini bukanlah ukuran yang pas jika anda ingin mencetak dikuran F4/Folio. Apalagi ukuran letter dan legal susah di temui di Indonesia. Oleh karenanya setelah anda mempelajari dipostingan saya tentang menambah ukuran kertas f4/Folio selanjutnya tinggal mengikuti langkah langkah saya mencetak dokumen dengan menggunakan f4/Folio. Teknik ini bisa anda gunakan disemua printer baik anda ngeprint menggunakan printer epson maupun printer canon.

Setelah anda mengikuti langkah langkah yang akan saya berikan maka hasil cetak anda akan tercetak di kertas F4 decara penuh/full tidak terpotong, tapi jika anda menggunakan kertas Legal jika ketikan anda penuh, maka kan terpotong.

Oke langsung saja bagaimana cara mencetak dokumen dengan micosoft Office Word dengan menggunakan kertas F4/Folio.

1. Buka dokumen anda yang sudah dalam bentuk Microsoft Office
2. Buka menu PAGELAYOUT
3. Klik tanda panah kecil Pagesetup Lalu pilih PAPER
4. Isilah settingannya dengan ukuran berikut dalam ukuran cm : Width 21,59 cm dan Highnya : 33 cm
5. Jika anda ingin ukuran ini menjadi default silahkan anda klik Default kemudian tekan OK 
6. Selanjtnya silahkan print dokumen anda.



Agar Hasil Cetakan Di Kertas F4/Folio Tidak Terpotong


Hasil cetak terpotong biasanya terjadi jika anda menggunakan Page Border, jika hal itu terjadi anda bisa menggunakan beberapa trik saya.

1. Jika memang terjadi pada Page Border terjadi anda bisa mengubahnya di menu Option dan pilih Text pada menu Measure From 





2. Kurangi ukuran Highnya menjadi 32.8 cm atau 32,5 cm
3. Turunkan marginnya terutama pada Top dan Buttom menjadi 1 cm.


Kesimpulan


Oke itulah artikel kali ini, semoga bisa membantu anda dalam mencetak dokumen di Microsoft Office Word, untuk mencetak diukuran yang lain di ukuran kertas yang tidak tersedia anda bisa melakukannya persis pada tutorial ini. sekian jika anda pertanyaan bisa anda komen di bawah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar