Skip to main content

5 Tips Yang Penting Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu

5 Tips Yang Penting Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu - Smartphone menjadi salah satu perangkat yang sangat penting untuk dimiliki saat ini. Karena hampir semua aktifitas kita tidak bisa dilepaskan dari perannya terutama dalam hal komunikasi dan informasi. Oleh karenanya banyak produsen produsen smartphone bersaing ketat untuk memproduksi handphone berbagai type dan model denga berbagai keunggulan.

5 Tips Yang Penting Diketahui Saat Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Mudah Tertipu


Pesatnya perkembangan teknologi smartphone membuat orang harus gonta ganti handphone. Tapi itu bagi yang memiliki uang, namun bagi yang tidak punya dia tetap bisa menikmati smartphone yang ia inginkan dengan membeli yang bekas karena hargnya sangat jauh lebih murah. Namun anda harus berhati hati dalam membeli smartphone bekas karena banyak sekali penipuan yang terjadi, bilangnya barangnya bagus namun hanya digunakan beberapa hari saja sudah rusak.

Ada banyak faktor seseorang menjual smartphonenya, yang paling banyak karena faktor smartphone sudah tidak berfungsi dengan baik alias rusak, oleh karenanya perlu hati hati. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui agar anda tidak tertipu saat membeli smartphone bekas. Soalnya smartphone bekas beberapa faktor orang itu menjual handphonenya.

Baca Juga : 5 Cara Terbaru Mendownload lagu Dari Youtube Ke Android Dengan Cepat

1. Beli Dari Orang Yang Sudah Dikenal Kejujurannya

Jika anda tidak ingin tertipu saat membeli smartphone bekas cobalah untuk membeli dari kenalan terdekat terlebih dahulu yang sudah anda kenal dengan kejujurannya, kemungkinan dibohongi lebih kecil dibanding anda membeli dari orang orang yang tidak dikenal terutama dari online shope yang jelas jelas anda tidak tau orangnya.

2. Beli Dari Marketplace

Jika disekitar wilayahmu tidak menemukan handphone bekas yang anda cari, silahkan anda membelinya lewat online, banyak sekali handphone bekas yang dijual di internet, namun anda harus hati hati saat membeli lewat online karena banyak sekali penipuan, lalu dimana yang aman ? di Marketplace, seperti tokopedia, bukapalak, Shopee dll. Biasanya prihal keterangan kondisi barang bekas yang dijual disana sangat lengkap dan jujur. Jika barang bekas yang anda beli tidak sesuai dengan yang ada diketerangan anda bisa melakukan komplain jika tidak mendapatkan tanggapan maka uang akan kembali kepada anda.

3. Lihat Harga Dipasaran

Sebelum membeli smartphone bekas sebaiknya cek dulu harga dipasaran, berapa harga second dari smartphone yang ingin anda beli dengan begitu anda tidak bisa dibohongi soal harga. Jika penjual mamatok harga mahal bisa anda tawar dengan harga yang berlaku dipasaran, jika tidak boleh anda bisa mencarinya dibeberapa toko yang sesuai dengan harga yang berlaku dipasar.

4. Periksa Kelengkapan Smartphone Termasuk Garansinya

Saat membeli smartphone bekas pertanyakan kelengkapannya seperti dosbox, charger (pastikan yang asli) headset, kabel USB dan lain lainnya. Adanya kelengkapan tersebut bisa menandakan kalau yang HP yang anda beli bukanlah HP hasil curian. dan nantinya saat ingin menjualnya kembali harganyapun tidak akan terlalu jatuh.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terdeteksi Di Android

5. Periksa Kinerja Smartphone

Saat membeli smartphone bekas jangan sungkan untuk mengecek berbagai fitur dan kinerja dari smartphone tersebut terutama signal dan wifi karena keduanya sangat penting dalam kondisi normal, cobalah dengan melakukan panggilan, jika semuanya sudah anda cek dan anda sudah merasa cocok lanjutkan dengan melakukan transaksi.

Oke itulah tips yang penting anda ketahui saat ingin membeli handphone bekas agar anda tidak tertipu, Intinya harus  berhati hati tidak hanya membeli smartphone bekas saja tapi juga smartphone baru karena saat banyak sekali penipuan dan pemalsuan. Jika anda tidak benar benar menguasai dalam melihat kondisi barang yang anda beli silahkan anda ajak teman atau orang yang dianggap mampu melakukannya dengan begitu anda bisa terhidar dari penipuan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar