Skip to main content

Cara Meningkatkan Daya Tahan Batery Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Meningkatkan Daya Tahan Batery Laptop - Batery laptop yang awet dan tahan lama merupakan sebuah keharusan bagi laptop, karena laptop didesain agar biasa dibawa bekerja dimanapun dan kapanpun di berbagai tempat yang yang terkadang tidak menyediakan sambungan listrik. Jika batery laptop anda drop tentunya laptop anda sama saja dengan PC yang tidak bisa bekerja tanpa sambungan listrik. Dan mungkin anda akan berfikir untuk menggantinya. Sebelum itu anda lakukan sebaiknya anda membaca artikel ini.



Ada banyak yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan Batery laptop agar batery awet dan tahan lama, beberapa mungkin sudah anda lakukan. Banyak laptop saat ini dengan dilengkapi battery yang awet dan tahan lama bahkan seharian, Namun dengan pemakaian yang tidak teratur bisa saja drop hanya dalam hitungan bulan. Mengganti dengan batery yang baru bukanlah pilihan yang bagus selagi anda bisa melakukan usaha untuk menjaga agar batery tahan lama.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Batery Laptop

1. Redupkan layar

Sejauh ini yang paling banyak yang  mengkonsumsi daya pada batery adalah layarnya, atau lebih spesifik pada lampu latar pada layar. Dan hardware inilah yang bisa membuat anda bisa melihat warna pada layar. Teknologi layar saat ini sedang berinovasi membuat layar dengan konsumsi layar yang rendah namun beberapa laptop keluaran lama masih menggunakan teklogi layar dengan konsumsi daya yang menguras daya.



Perdupan cahaya bisa menambah 30 untuk masa pakai baterai Anda. Hampir semua laptop memiliki pintasan keyboard untuk menyesuaikan kecerahan. Biasanya, Anda akan menahan tombol Fn dan menekan salah satu tombol fungsi di baris atas, atau salah satu tombol kursor berlabel simbol matahari.

Jika tidak, tahan tombol Windows dan tekan X. Ini akan membuka Pusat Mobilitas tempat Anda dapat mengubah kecerahan, dan ini berfungsi di semua versi Windows.

2. Ubah Pengaturan Daya

Secara default, laptop Anda mungkin diatur ke pengaturan Windows '' Balanced " daripada Power Saver. Dalam Pencarian Panel Kontrol untuk Opsi Daya dan periksa Paket Daya mana yang dipilih. Jangan lupa bahwa Windows menggunakan pengaturan daya dan kinerja yang berbeda tergantung pada apakah itu berjalan di hantaran listrik atau daya baterai.



Anda harus menemukan opsi penghemat baterai, dan itu hanya kasus memilihnya dan menutup jendela. Jika tidak, klik 'Show additional plans'. Jika tidak ada apa pun, Anda dapat menyesuaikan rencana daya dengan mengklik Change plan settings  di samping profil.

Anda harus mengatur agar layar mati beberapa menit, dan mengatur laptop untuk Sleep jika dalam 10 tidak ada aktifitas apapun. atau bisa anda atur sesuai dengan keingainan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mematikan layar jika tidak dibutuhkan.

3. Menonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth

Jika tidak menggunakan keduanya sebaiknya mematikannya. Keduanya sangat memakan banyak daya pada baterai. Jadi sangat masuk akal jika anda harus mematikannya saat tidak memakainya. Sebagian besar laptop memiliki tombol untuk mematikan dan menghidupkan keduanya.

Untuk device bluetooth terkdang beberapa produsen laptop tidak menyediakan faslitas tombol on off, Namun biasanya anda bisa mengaksesnya di tombol Start, namun jika tidak ada anda bisa mengaksesnya di Device Manager di Control Panel, geser ke bawah melalui daftar hardware sampai Anda menemukan adapter Bluetooth, tepat -Klik di atasnya dan pilih Nonaktifkan.(Mengklik dua kali ketika dinonaktifkan harus mengaktifkannya lagi.)

4. Lepas Daya Jika Tidak Terpakai


Jika anda sudah tidak memakai laptop anda sebaiknya anda mematikannya dan melepasnya charger yang masih terhubung dengan listrik. Rata rata Baterai saat ini banyak yang masih menggunakan batery jenis lithium yang akana berhenti mengisi saat baterai sudah penuh, namun walaupun begitu tetap menyambungkannya ke listrik dalam waktu nyang lama tidak tidak baik untuk jangka panjang.


Beberapa produsen (termasuk Sony dan Lenovo) menyediakan utilitas yang membatasi baterai agar tidak terisi penuh.Ini membantu mencegah degradasi baterai dan berarti Anda dapat meninggalkan laptop selalu terhubung ke listrik. Bila Anda ingin menggunakan laptop Anda dengan daya baterai dan mendapatkan masa pakai baterai maksimum, nonaktifkan limiter dan biarkan laptop mengisi daya hingga 100 persen.


5. Putuskan untuk melepas periferal yang tidak perlu


Membiarkan disk dalam drive DVD Anda adalah cara yang pasti untuk mengurangi masa pakai baterai, karena mungkin akan berputar setiap kali Anda membuka jendela Windows Explorer atau mengakses opsi Simpan di aplikasi.

Semua aksesori USB yang Anda tinggalkan terhubung, seperti hard disk portabel atau cams web USB juga akan menarik daya, jadi putuskan sambungannya jika tidak diperlukan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar