Skip to main content

3 Langkah Sederhana Cara Menghilangkan Virus di Handphone Android

Menghilangkan Virus Di Android - Jika handphone melakukan aktifitas diluar kewajaran atau handphone anda bekerja melambat bisa jadi handphone anda sudah terserang virus. Tulisan sederhana ini mungkin bisa membantu anda untuk menghilangkan virus tersebut dan menahannya dari serangan malware.



Virus di android memang tidak semarak seperti yang ada pada komputer, tetapi kita harus waspada karena virus di handphone itu ada dan sewaktu waktu bisa menyerang handphone anda. Penelusuran saya tentang virus handphone android rata rata disebar melalui aplikasi yang ada di Google Play oleh karenanya anda perlu waspada dalam menginstall aplikasi dihandphone anda.

Walaupun Google saat ini sudah memperketat masuknya aplikasi ke Google Play, namun kita harus tetap waspada. Belakangan ini Google telah banyak menghapus aplikasi yang terindikasi virus dan menggangu, ini tidak lepas dari keaktifan pengguna android yang melaporkannya ke Google. Tidak hanya itu aplikasi aplikasi berbahaya yang terindikasi adanya hal yang tidak senonoh tidak luput dari penghapusan Google.

Jika virus android sudah menginveksi system biasanya akan susah untuk dihapus dan terkadang lankah satu satunya yang harus ditempuh dengan mengaturnya ke setting parikan dan hal tersebut sangat tidak diinginkan terlebih jika data data dan aplikasi di handphone anda sudah banyak sekali.

Dari Mana Virus Android Itu Berasal?


Ini langkah pertama yang  harus saya jelaskan terlebih dahulu sebelum masuk bagaimana cara menghapusnya, soalnya ini berkaitan dengan cara bagaimana mencegah agar virus di komputer tidak bisa menginveksi handphone anda.

Cara nomer satu yang digunakan para pembuat virus android adalah melalui aplikasi, seperti sejumlah virus yang pernah booming di jagat android yaitu Gongpuder, Trojan Hantu, Googlian dan sebagainya. Semuanya virus virus itu disebar melalui aplikasi. Sementara Virus Mazar menyebar melalui peranbanan browser penelusuran yang disisipkan melalui text pada saat mengunduh browser Tor.

Untuk menghindari ini sebaiknya anda jangan pernah menginstal aplikasi yang bersumber dari luar Google Play seperti aplikasi apk, salah satu contoh virus yang disebar melui aplikasi yang tidak resmi adalah The Trojan Loapi. Virus yang merupakan ancaman baru para pengguna android.

Tidak hanya itu ada yang juga menyamar melalui website situs situs terkenal yang bisa mengecoh anda untuk membukanya seperti situs operator seluler dan sebagainya. Yang perlu menjadi perhatian anda adalah motif yang dibalik penyebaran virus tersebut yang rata rata adalah untuk sebuah kejahatan.

Cara Menghindari Virus dan Malware Di Android



1. Instal Antivirus, Langkah yang paling penting untuk menghindari virus dan Malware yang ada di android adalah dengan menginstal antivirus. Banyak sekali aplikasi antivirus yang ada di Google Play Store hampir rata rata tersedia gratis, namun sebaiknya anda gunakan aplikasi antivirus yang sudah familiar dan ampuh untuk  membendung virus yang akan menyerang, seperti Avast, Kspresky, Norton dan lain sebagainya

2. Jangan menginstal aplikasi diluar dari Google Play kecuali jika anda sudah mengetahui tentang aplikasi yang anda instal. Jika anda memang harus menginstal aplikasi tersebut pastikan aplikasi tersebut bersumber dari situs yang mamang dipercaya. Jika anda ingin aman dari tindakan ini silahkan fungsikan keamanan instalasi aplikasi yang ada di handphone anda. Pastikan Sumber Tidak dikenal Di Non Aktifkan.

3. Hindari aplikasi cloning, berhati hatilah banyak modus penyebaran virus android dilakukan dengan clonging aplikasi yang meniru aplikasi aplikasi besar seperti Whatsapp dan sebagainya, memang susah sekali membedakan karena segi tampilan sangat mirip. Cara menghindarinya unduh aplikasi hanya lewat Google Play.

3. Terus Perbaharui System Android, Kenapa harus ini dilakukan, system yang mutakhir biasanya akan lebih sempurna dari segi tampilan dan berbagai fitur lainnya terutama masalah keamanan karena ini adalah segalanya untuk keamanan dan kenyamanan pengguna android.

Cara Menghilangkan Virus Di Handphoen Android.

1. Langkah pertama adalah lakukan scanning dengan antivirus yang anda pakai namun jika tidak bisa menghilangkannya silahkan ke tahap selanjutnya.

2. Kita akan menghilangkannya dengan cara manual, yaitu dengan menghapus virus tersebut melalui Safe Mode atau mode aman, silahkan anda browisng cara masuk ke Safe Mode karena hampir semua merk handphone berbeda cara masuk ke Safe Mode tapi rata rata mengakses Safemode bisa dilakukan dengan menekan Tombol Power dan Volume saat menghidupkan pertama kali. Jika handphone berjalan dalam Safe Mode maka handphone akan berjalan lebih ringan daripada biasanya karena semua aplikasi yang anda instal tidak berjalan hanya aplikasi aplikasi bawaan handphone saja. Dan semua virus dan Malware tidak akan berjalan di mode ini. Ini saatnya anda menghapusnya. karena Virus yang sudah mengindveksi system biasanya akan tampil di mode ini.



3. Langkah selanjutnya adalah cek aplikasi Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings - Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu. Sudah bisa dipastikan aplikasi asing itu adalah virus.



4. Setelah selesai menghapus aplikasi aplikasi yang mencurigakan silahkan ada keluar dari Safemode.

Itulah 3 langkah mudah untuk menjaga dan menghilangkan virus di handphone, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati karena kalau sudah virus menginveksi bisa anda harus melakukan beberapa langkah, terinveksi virus itu pedih jendral,,,hahahaha
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar